Jangan Panik, Begini Pertolongan Pertama Jika Terkena Sengatan Listrik


Hal yang tak terduga atau kecelakan kecil yang berakibat fatal akan terjadi pada siapa, kapan, dan di mana pun. Walaupun kita sedang di rumah yang sudah kita anggap aman untuk diri kita.

Salah satu yang dapat membahayakan diri kita ialah tersengat listrik. Jika lingkungan Anda terdapat orang yang tersengat listrik, cepatlah mengantisipasinya.

Dr. Lelita, Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, memberikan langkah-langkah cepat mengatas orang tersengat listrik sebagai berikut.
“Pastikan penolong dalam keadaan aman, matikan aliran listrik. Amankan penderita dari sumber listrik dengan menggunakan kain atau selimut,” ujar dr. Lelita saat ditemui di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, usahakan jalan udara untuk pernafasan lancar. Bila ada muntah/darah atau benda lain dimulut korban, keluarkan segera.

Terlentangkan si korban, tekuk kepalanya ke belakang, tarik rahangnya ke depan agar lidah tidak menutup lubang tenggorokan. Lakukan pernafasan mulut ke mulut tiga sampai empat kali secepat mungkin. Peniupan selanjutnya diulang lebih kurang sepuluh kali setiap menit

Pulihkan fungsi jantung dengan melakukan urutan jantung dengan ketentuan:

– Dewasa, frekuensi pengurutan dilakukan sebanyak 60 kali setiap menit
– Anak kecil, frekuensi pengurutan sebanyak 90 kali setiap menit

Perlu diingat, hindari tekanan yang terlalu keras agar tidak mengakibatkan tulang rusuk korban rusak.

sumber : portalsuara.com

Halaman Selanjutnya Dibawah Ini:

Halaman
loading...
loading...


LIKE!!


NEWS UNIK INSPIRASI KESEHATAN ISLAM TIPS SELEB TRAVEL LUCU HUBUNGAN

Copyright © VIRAL HS 2016
About - Advertise - Report - Contact